Resep Brownies Kukus Irit

Oleh : Widya Aditya
Resep Brownies Kukus Irit - Anak saya, Naila, selalu saja bingung kalau di rumah tidak ada cemilan. Karena memang sejak kecil saya biasakan untuk menikmati makanan rumahan. Selain menghindari makanan yang tidak sehat, tapi juga karena makanan rumah lebih ramah di dompet.

Iseng-iseng sewaktu Naila tidur siang, saya buka facebook dan langsung menuju ke grup khusus memasak yang saya ikuti selama ini. Klik, klik dan klik lagi, saya buka file grup tentang 'Kue'. Di sana saya menemukan satu judul makanan yang menarik perhatian saya. BROWNIER IRIT (Hehe.. Ibu-ibu selalu signal penuh kalau dengar maupun melihat sesuatu yang berhubungan dengan IRIT).

Tanpa pikir panjang lagi, saya baca resepnya dan kebetulan semua bahan sudah ada di rumah. Saya salin resepnya di kertas biar lebih mudah bacanya waktu mengeksekusi si brownies. Lalu bergegas terjun ke dapur, berharap semoga sewaktu Naila bangun tidur, brownies sudah siap di santap. Oke, nggak usah panjang lebar lagi, ini resepnya ya ^_^


BROWNIES KUKUS IRIT

Bahan :
- 2 butir telur (Kalau telurnya dari dalam kulkas, keluarkan dulu ya sampai mencapai suhu ruangan. Biar hasilnya oke dan lebih mengembang)
- 8 sdm gula pasir
- sejumput vanili
- 1/2 sdt soda kue
- 1 sdt baking powder
- 10 sdm tepung terigu
- 3 sdm coklat bubuk
- 4 sdm susu bubuk (silahkan pakai susu apa saja. Saya pakai susunya Naila)
- Setengah gelas belimbing minyak goreng
- Mentega, untuk mengoles loyang (saya menggunakan merk Blue Band)

Cara Membuat :
1. Kocok telur, gula pasir dan vanili. Saya mengocoknya nggak sampai mengembang banget karena masih pakai kocokan manual selama 30 menit karena saya belum punya mixer)
2. Setelah itu masukan soda kue dan baking powder, kemudian kocok lagi.
3. Lalu masukan tepung terigu yang sudah diayak, sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk
4. Kemudian masukkan coklat bubuk dan susu bubuk sambil tetap diaduk ya. Dan pastikan sudah tidak ada lagi yang menggumpal.
5. Terakhir, masukan minyak goreng. Aduk lagi.
6. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega. Saya pakai cetakan agar-agar karena nggak punya loyang.
7. Masukkan adonan brownies tadi ke loyang, lalu kukus. Mengukusnya, sebelum kukusan ditutup, beri lap bersih supaya tetesan airnya nggak kembali lagi masuk ke dalam kukusan.
8. Kukus selama 30 menit. Jangan buka tutupnya terus ya selama mengukus.
9. Setelah 30 menit, pastikan kue matang sampai ke bagian dalam dengan cara menusukan lidi ke kue. Kalau tidak ada adonan yang menempel, berarti kue sudah matang betul.
10. Angkat dan hidangkan. Bisa dihidangkan tanpa diberi topping, bisa juga dengan menggunakan topping. Kemarin, saya beri parutan keju.

Alhamdulillah, Naila suka dan lahap makannya. Semua terasa menyenangkan. 
Nah, selamat mencoba resep brownies kukus iritnya ^_^

Salam kreatif,
Widya Aditya

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Obrolan Kita © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes