Cara Menanam Tanaman di Pot

credit

Oleh : Rizma Ahmad

Cara Menanam Tanaman di Pot - Menghabiskan waktu seharian bersama buah hati sungguh menyenangkan, apalagi usia 1 tahun sedang lucu-lucunya. Namun sebagai seorang ibu pasti punya rasa bosan dengan rutinitas harian yang berulang-ulang. Yuk, intip salah satu kegiatan saya di rumah untuk mengisi kegiatan sehari-hari sebagai selingan, juga menghilangkan rasa bosan.

Rumah saya tergolong mungil, hanya sekian kali sekian meter saja. Tidak ada halaman dan full bangunan, dengan beberapa pot tanaman seadanya saja di depan rumah. Awalnya, banyak bunga berduri di halaman, karena Syerin sudah mulai belajar berjalan dan merangkak kesana kemari, alhasil saya 'basmi' semua tanaman berduri agar tidak membahayakan. Alhamdulillah, ada tetangga yang bersedia mengadopsi bunga-bunga tersebut dan menyisakab beberapa pot kosong. Namanya juga emak-emak nggak-bisa-liat-barang-nganggur, kemudian mulai timbul keinginan untuk menanam sesuatu di dalam pot yang dapat juga diambil manfaatnya.

Langkah-langkah menanam di dalam pot seperti ini :
1. Pertama, saya bersihkan pot-pot yang saat itu sudah terisi tanah, dari tanaman liar
2. Kemudian tanah digemburkan dengan cara mencongkel-congkel dengan pisau
3. Setelah itu, lari ke dapur sejenak untuk mengambil cabai rawit, sisa kunyit yg lama tidak digunakan, juga ubi jalar yang belum sempat dimasak.
4. Untuk cabai rawit, saya belah cabai rawitnya dengan pisau, menebarkan biji ke dalam pot yg telah digemburkan tadi kemudian menutupnya lagi dengan tanah.
5. Untuk kunyit, saya tanam begitu saja. Bisa juga menanam bumbu dapur lainnya, seperti   lengkuas, kunci, jahe, dan lain-lain.
6. Untuk ubi jalar, saya membuat lubang terlebih dahulu di tanah. Kemudian meletakkan ubi jalar ke dalam lubang dan menutupnya kembali dengan tanah.
7. Tapi ada satu pot lagi yang masih kosong, iseng-iseng ijin tetangga minta benih bayam (bagian ujung-ujung bayam yang sudah mulai mengering), kemudian saya taburkan saja ke permukaan pot yang kosong.

Selesai... *hela nafas*
Semoga saja sih, tidak ada tikus atau hewan lain yang mengganggu. Alhamdulillah, setelah beberapa hari, benih cabai mulai tumbuh 1cm. Wuih, senangnyaaaa.. Heboh sendiri, lebay sendiri. Hahaha.. Karena memang, ini adalah kali pertama saya bertanam sendiri di rumah. 




Untuk merawatnya supaya tetap subur dan lebat, saya memberi pupuk. Caranya mudah kok. Tinggal beli vetsin di warung sebelah yang harganya hanya Rp.500,00, kemudian melarutkannya ke dalam segelas air dan disiramkan ke tanaman. Yuhuu.. makin subur saja.

Beberapa hari kemudian, cabai rawit mulai jelas terlihat, daun ubi jalar tambah indah dan subur, kunyit juga berhasil tumbuh. Senangnya.. Karena tiap pagi melihat tanaman hijau tumbuh subur di depan rumah.

Begitulah sepenggal cerita sederhana saya tentang mananam tanaman di dalam pot. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi.

Salam hangat,
Rizma Ahmad

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Obrolan Kita © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes