Play Doh Buatan Sendiri

Play doh buatan saya

Oleh : Rosida Husniyah
 
Play Doh Buatan Sendiri - Masa kanak-kanak adalah masa bermain. Bermain juga menjadi sarana untuk mengembangkan kreatifitas anak. Bermain play dough, atau biasa disebut play doh atau lilin mainan, terutama bagi balita juga dapat membantu stimulasi motorik halusnya. Namun demikian, play doh yang ada di pasaran umumnya harganya lumayan mahal, ada pula yang berharga murah namun terbuat dari bahan berbahaya yang tercium dari baunya yang tajam, dan kabarnya juga dapat memicu kanker. Belum lagi rasa ingin tahu yang tinggi dari anak-anak usia balita yang terkadang mencoba dengan memasukkan ke dalam mulutnya. Tentu kalau sudah seperti itu, berbahaya sekali bukan?

Maka dari itu saya berusaha googling bagaimana cara membuat play doh sendiri yang edible (aman tertelan) bagi anak-anak. Suatu saat, saya melihat seorang teman saya men-share postingan mengenai cara membuat play doh yang aman bagi anak-anak.
Akhirnya saya pun mengeksekusi dengan cara sebagai berikut :

Bahan : 
  • 1 cup tepung terigu
  • 1/4 cup garam (saya sengaja memberi garam banyak agar saat anak saya sengaja mencicip dia akan merasa kapok karena asin)
  • 2/3 cup air
  • 3 sdt air jeruk nipis
  • 2 sdm minyak goreng
  • pewarna makanan cair
 

Cara membuat :
  • Campurkan tepung terigu dan garam dengan air 
  • Panaskan di atas api kecil dan aduk-aduk 
  • Tambahkan air jeruk nipis dan terus diaduk
  • Tambahkan minyak goreng
  • Aduk terus sampai adonan kenyal dan tidak lengket
  • Matikan api lalu dinginkan
  • Setelah dingin tambahkan pewarna makanan lalu uleni hingga rata.

Play doh buatan sendiri pun siap dimainkan oleh anak-anak, baunya pun lebih harum dan tentunya lebih aman saat anak-anak memasukkannya ke dalam mulut.

Salam kreatif,
Rosida Husniyah

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Obrolan Kita © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes