Tips Sederhana Mencegah Penyakit Maag

credit
Oleh : Rizma Ahmad
 
Tips Sederhana Mencegah Penyakit Maag - Sakit maag sangat familiar di kalangan mahasiswa, para anak kos, atau santri di pondok pesantren. Terdengar sepele, namun apabila menyerang maka segudang aktivitas akan terganggu.

Penyebab maag sendiri (sepanjang saya tahu) yaitu pola makan yg tidak teratur, konsumsi makanan yang menyebabkan naiknya asam lambung, dan juga stres.

Sebenarnya, maag dapat dicegah dengan menerapkan pola makan yang teratur. Misalnya, sarapan pukul 07.00, makan siang pukul 12.00, dan makan malam pukul 19.00. Aktivitas makan seperti ini diusahakan diulang terus dengan waktu yang sama.

Maag juga bisa dicegah dengan selalu memperhatikan asupan makanan, terutama untuk makanan yang dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung. Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan meningkatkan asam lambung yang saya ketahui, yaitu jeruk, mangga muda, kubis, kembang kol (brokoli yang berwarna putih), daun singkong, makanan pedas, dan makanan bersantan.

Sebagai catatannya sih, masing-masing individu mempunyai daya tahan tubuh yang berbeda. Sebaiknya melakukan observasi dahulu saat mencicipi makanannya karena yang mengerti bagaimana kondisi tubuh kita adalah kita sendiri.
 
Hal lain yang bisa memicu sakit maag adalah stres atau berfikir terlalu berat. Stres juga dapat membuat sakit pada ulu hati disertai pusing. Mudah sebenarnya supaya terhindar dari stres. Tips dari saya, cobalah untuk dengan olahraga yang teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan menyerahkan kembali permasalahan pada Tuhan.

Yups, tiga hal itu yang bisa menjadi pemicu munculnya sakit maag. Tapi dengan melakukan tips-tips dari saya, InsyAllah, kita bisa kok terhindar dari sakit maag. 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,
Rizma Ahmad

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • Obrolan Kita © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes